Minggu, 19 Maret 2017

Menggunakan Fungsi Absolut ($) pada Operasi Hitung Excel

Ketemu lagi di Postingan  saya yang keempat. Kali ini saya akan membahas tentang Sel Absolut pada Excel. Apa sih sel absolut dan kegunaannya?

Nah, buat kalian yang belum tau Sel Absolut adalah lembar kerja atau alamat sel yang tidak mengalami perubahan dimana pada saat menjumlahkan, mengurangi, membagi maupun menggabungkan terdapat satu sel yang dikunci dan tidak bisa berubah.

Apa sih fungsi absolut itu?
Absolut ini berguna untuk memberikan atau menjadikan suatu sel nilai absolut/harga mutlak pada suatu sel. Jadi, intinya kalau udah dikunci dengan absolut ini suatu sel hasilnya tidak berubah-ubah atau tidak berupa pecahan atau bahkan bisa jadi #NUM (tidak bisa terbaca).

Biasanya sel absolut ini ditemukan di sel yang mengandung angka atau nilai mata uang yang akan dioperasikan. Absolut ini ciri-cirinya menggunakan lambang atau tanda baca mata uang Dollar ($).
Membuat suatu sel absolut atau mutlak itu sangat mudah, tinggal tekan "F4" atau bisa dituliskan sendiri dengan lambang "$"

Ada dua jenis sel absolut, yaitu:
1. Absolut Mutlak : Fungsi dimana kuncian kolom dan barisnya sama sekali tidak berubah.
ex : $C$9

Hal tersebut menunjukkan bahwa yang dikunci adalah kolom C dan baris ke 9

2. Semi Absolut : Penguncian hanya berlaku pada kolomnya saja atau barisnya saja
ex: $C9 atau C$9

Nah, sudah mengerti teman-teman? Sekarang kita akan coba dengan prakteknya ya...

1. Kita akan membuat contoh penjualan barang dalam harga Dollar dan harga Rupiah yaaaa. Di bawah ini akan dicari harga dalam Rupiah setelah diketahui bahwa harga 1$ = Rp 8.500 (gunakan mode Accounting untuk harga 8.500)


2. Kemudian, masukkan rumus =Harga Dollar di sel C6 * Absolut sel B3



 3. Kemudian, tekan ENTER dan muncul hasil, tarik pada ujung sel ke bawah sampai pada sel D10. Taraaaaa!


Mudah bukan? Selamat mencoba, teman-teman!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar